Kamis, 11 Juni 2009

tentang cewek nyentrik, bambang, dan doaku

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air,

Especially for them who have initial SWAM, yang dengan gw itu sejenis kelamin, sekelas pas 3 SMA, sepulau, sebangsa, setanah air, sebahasa, seagama, sekonyong-konyong sama semua padahal lo aja yag pada ngikutin gw biar sama ama gw dari ujung rambut ampe ujung jempol kaki dan kukunya yang ijo-ijo..

Apa kabar? Tak ada kabar nh tentang liburan. Cobalah kau contoh winda, yang baru saja dari malang, merayakan nikahan saudaranya, dan telah menceritakan pengalamannya selama nikah (maksudnya selama resepsi berlangsung), tapi buat winda, cobalah ceritakan pula tentang Malang yang punya sejuta tempat bagi para wisatawan sampai-sampai media meliputnya tiada henti karena tumbuh satu tumbuh lagi seribu..

Buat kau yang liburan kemarin dari Riau, ceritakan kotamu tercinta yang kata orang-orang indah nian alam Riau itu…

Atau kau yang katamu di rumahmu ada keponakanmu yang sedang sakit (semoga sekarang sudah sembuh, coz sakitnya seminggu yang lalu), kan hampir tiap weekends kau ke Paris van Java, ceritakan pengalamanmu dan kosanmu itu..

Atau LO, ya, LO YANG MENGOLEKSI JUTAAN KANCING, yang kata LO rumah LO selalu direnovasi mulai dari orok ampe kiamat, ceritakanlah pahit getirmu yang aduhai dalam memperubatkan bangku fakultas kedokteran di universitas ternama di Salemba… doaku semoga kau meraihnya, amin.

Kini, aku mau cerita kawan. Aduhai, indah nian kata ”cerita” ini. Bersyukurlah kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki kosa kata “cerita” dalam perbendaharaan bahasa bangsa. Coba kalau kata “cerita diganti jadi “stori”, bukan pake “y”, tapi “i”, aduh... ga enak dilihat dan didengar..

Ceritanya begini...

Hampir seumur hidup gw di my beauty village a.k.a Winong, biasanya kalau sore gw keluar rumah untuk ngelepas suntuk. Beda umur beda kegiatan. Sekitar gw umur batita, gw keluar sore mungkin sambil disuapin makananan ama “mba” gw dan biasanya ke rumah sahabat gw, mereka kembar dan rumahnya tepat di depan rumah gw (hingga sekarang kami bersahabat, usia persahabatan kami turut mengiringi usia genetif kami). Selama TK, gw keluar sore buat ngaji di TPA dan setelahnya gw belajar sepeda, mulai dari roda empat, roda tiga, sampai roda dua, dan dengan menggunakan dua tangan, satu tangan, tanpa tangan, tanpa kaki, tanpa badan, intinya tahap-tahap girang bersepada sore. Kalau selama SD, gw keluar sore buat main di lapangan, main petak benteng, petak umpet, petak jongkok, petak kuburan (amit-amit jabang baby), atau main di dekat empang , gelayutan di dahan pohon ceremei sambil nyanyi “U, U, U, U, A... U...”. Ke TPA nya abis shalat maghrib coz udah lulus iqra dan menggeluti baca Al-Qur’an. Kalau SMP keluar sore buat ngumpul di warung depan rumah gw (waktu itu penjaga warungnya bersahabat ama konco2 gw di rumah, jumlah kami berenam plus penjaga warung jadi tujuh) sambil ngegosip cowok-cowok ganteng, dari artis, teman sekolah, teman rumah, sampe teman khayalan. Gw dan satu orang temen gw yang naujubillah kayak laki-laki biasanya melepas diri dari gosip “membosankan”itu dan menerjang komplotan main ade-ade kami yang berjenis kelamin cowok untuk main bola di jalanan, tepatnya di depan rumah gw. Kalau SMA gw keluar sore buat ngegosip di teras mushala samping rumah gw (penjaga warungnya udah pulang kampung dan nikah, beda umur ama gw sekitar 4 tahun, konco2 gw emang beragam, sob, umurnya) biasanya ngegosipin artis2 yang mau nikah atau cerai, yang dipuja atau yang dihujat, yang diberi penghargaan atau yang diberi hukuman, ataupun tentang teman2 gw itu yang sudah punya pacar. Maafkanlah hambaMu ini ya Allah yang telah ngegosip di teras rumahMu, tapi gosip itu bukan kami yang ciptakan, kami hanya menceritakannya ulang tanpa ada tambalan sana sini, maka ampunilah kami ya Allah..

Tapi, ketika gw udh kelas 3 SMA (satu temen gw juga kelas 3 SMA, ada lagi yang 3 SMP, sisanya; si kembar dan satu orang lagi sedang kuliah awal semester), waktu kami buat keluar sore jadi terhalang. persiapan ujian seperti bimbel atau jam kuliah pada sore hari menjadi sebab musababnya...

Ketika menjelang UAN, gw bener2 suntuk. Gw kangen mba penjaga warung depan yang katanya udah beranak itu, gw kangen gosipan dan lawakan teman-teman gw di depan mushala, gw kangen masa-masa gw kebakar matahari di lapangan yangs sekarang udah jadi kontrakan (hasilnya pembakaran itu lihatlah kulit gw yang banyak banget mengandung pigmen sekarang ini), gw juga kangen muazin mushala pura2 batuk yang maksudnya, ”Pulanglah, para perawan ting ting! Azan maghrib sebentar lagi mau kakek kumandangkan!”. pokoknya gw kangen semuanya.... itulah gambaran kampung, sob. Menyandang gelar ”udik” bukan masalah besar kalau bayarannya kebahagiaan bertetangga yang amat awet dan langgeng, bagai saudara sendiri,, serta bercengkrama dengan masyarakat dan alam.

Satu yang gw kangenin, bukan karena udah ga gw temuin, tapi ga bisa gw lakukan. Yaitu, main bola sore2 di depan rumah gw. Semenjak SMA, bokap gw ngelarang gw maen bola coz temen ade gw jg beranjak dewasa, SMP sih, gw sendiri ga enak aja diliat lari kocar kacir ngejar bola di jalanan, badan bongsor sendiri dah gtu rambut juga dikuncir sendiri. Apalagi kalo ada temen bokap gw yang kenal gw ngeliat, aduh, jatuh martabat bokap gw, mungkin itu yang beliau pikirkan. Tapi, tak apalah, sob,yang penting gw masih bisa menonton mereka, hingga sore tadi pun gw nonton dengan setia. Memang, semenjak menjelang UAN gw selalu menyempatkan diri duduk di depan pager buat ngeliat mereka main, dengan mupeng tentunya. Gw bener2 pengen mengobati rasa kangen gw..

Tapi ada satu yang menarik akhir-akhir ini ketika gw nongkrong di depan rumah. Begini sobat, kalian pasti mau tahu. Ya, kalian kan memang orang2 yang serba ingin tahu. Hahahha.

Begini, sob, tiap sore itu akhir2 ini selalu ada cewek seksi lewat depan rumah gw, ya pas anak2 lagi pada maen bola gitu. Aduh sob, ga nanggung2 seksinya buat kalangan orang kampung yang agamis di sekitar rumah gw itu. Bajunya jangkis,sob. Ya ampun, ga jangkis doang, tembus pandang gitu. Ya Allah, jauhkanlah hambaMu ini dari pakaian seperti itu. Amin.

Ga cukup itu sob, celananya, busyet, hot pants. Gile, cewek ini ya, memang mantap berpakaian. Ciledug mendidiknya dengan keras tampaknya. Berani2nya dia lewat depan mushala, depan rumah pak RW, dan depan rumah para warga yang menjunjung tinggi nilai Islam. Dipikirnya itu amal bagi para priakah hingga jarang sekali ia memakai busana tertutup?

Tapi, satu yang paling gw suka tiap dia lewat. Jangan pikir yang enggak2 dulu, sob. Ga ada hubungannya dengan yang ”senonoh bin jorok”. Ampe mau ngakak gw ngebayangin kenyataannya.

Begini, tiap dia liwat, semua anak yang maen bola pasti ketawa ngakak enggak berhenti-berhenti. Ada salahkah dengan caranya berpakaian? Menurut gw sih enggak, dan gw yakin bukan itu yang mengundang tawaan anak2 lugu itu. Bukan, sob. Dan lebih anehnya lagi, mereka malah main tunjuk2an ”cewek nyentrik” itu punya siapa. Misal, A ngomong gini, ”B, cewek lo tuh lewat!” Trus ngakak semua anak. Dan si B malah ngoper ke C ”C, cewek lo kali”. Ya ampun, sob, cewek seksi dan masih muda masak ga ada yang bangga dibilang punya mereka, malah dioper2 ke temennya. Padahal masih ada kok bolanya utuh buat dioper2, gak kempes loh. Dah gitu ngomong dan ngakaknya pas dia lewat tepat di jalanan mereka main bola. Haduh2, mungkin kebahagiaan duniawi tak berpihak ketika ia lewat.

Gw yakin, kalian yang serba ingin tahu, pastinya amat penasaran mengapa mereka bertindak demikian. Alasannya mudah sob, tapi nyelekit. Gini, sob, ehm.ehm. bukannya gw takabbur, nauzubillahminzalik, bukan sob. Tapi, bukan dari mulut gw doang pernyataan ini keluar, tapi semua anak itulah yang bilang, ”Ngaca dong kalo mau pake baju begituan!” hahahhaha. Kenapa ngaca? Karena, ya Allah, maafkanlah hambaMu ini, tapi gw gak bohong, dia memang sangat mirip sekali sama keluarga The Simpson, dia versi manusia nyatanya. Dah gitu dia pake kacamata, rambut ikal sebahu, jerawatan, berleher panjang, mancung pada organ di bawah hidung, dan pakai behel. Kebayang, sob? Gwe ga brani ngasih deskripsi yang lebih lagi coz takut dibiliang lebay dan terlalu menjelekkan orang dan bergibag parah, padahal itu benar2 kenyataannya, pahit dan sakit, sob. Maaf, ya Allah jika hamba menghina ciptaanMu. Tapi, hamba tidak bermaksud menghina, hamba hanya ingin memaparkan sehalus mungkin. Hanya saja kenyataan yang hamba deskripsikan tampak pahit untuk diterima oleh para pembaca curhatan hamba ini, ya Allah. Hamba mohon ampun, ya Allah.

Hampir tiap gw nongkrong di depan rumah, gw melihat cewek itu. Gw ga bisa nahan ngakak, tapi gw ngakaknya di dalem teras rumah coz ga enak lah sesama cewek. Gmna kalau dia ngeliat? Lagian bisa aja dia lebih baik dari gw. Sebenarnya yang gw ketawain bukan gayanya, bukan pula parasnya. Tapi cekikik teman2 ade gw lah yang amat mengundang hati gw bergejolak dan mengeluarkan cekikik bahkan air mata. Apalagi ketika mereka main oper2an ”siapa pacar cewek itu”. Ya Allah, ampunilah kami yang amat berlumur dosa.

Pun tadi sore, gw nongkrong lagi. Liburan memang yang gw nantikan sore hari ketika suara bola plastik ditendang dan bertolak mesra dengan aspal. Gw keluar jam 4 untuk nunggu abang siomay lewat. Gw lagi puasa tapi tetap bugar tadi sore, Alhamdulillah. Siomay buat buka puasa tentu sedap sob. Ampe jam setengah lima gw tunggu, kok abang siomay gak lewat2. Gw cuma duduk di depan pager rumah, ngeliat anak2 yang main bola, atau ngobrol dengan teman2 ade gw yang dengan entengnya bilang males main bola dan duduk sederetan dgn gw, padahal gw ngiri banget. Kenapa mereka menolak permainan dahsyat ini? Dasar anak2 tak tahu seni tendang menendang benda bulat itu nan menawan itu. Tapi, tak apalah. Mereka manusia biasa, sob.

Sambil nunggu, gw nanya satu2 nama panjang mereka. Hampir semua anak namanya amat islami, bagus nian didengar dan artinya gw yakin pasti gak jauh2 dari nama orang2 terpuji di sisi Allah. Tapi, sob, pertanyaan gw berakhir pada satu anak yang paling sering dibercandain warga satu kampung. Bukan dihina jadi terkucilkan gitu. Bukan,sob. Bukan banget. Warga kampung gw baik2 kok. Anak itu lebih ke bahan candaan aja. Mungkin menyakitkan bagi mereka yang ga kuat mental, tapi anak ini strong deh pokoknya. Perasaan dia biasa aja karena memang sudah terbiasa. Kulit anak itu hitam legam, badannya gemuk berperut buncit, mukanya aduhai, bikin ayam tetangga kabur kocar kacir. Hehehhe. Manis sebenarnya kalau dirawat, tapi sekali lagi, sob, Ciledug amat keras. Dan winong amat menggoda lingkungannya. Rasanya kulit terbakar tak apa yang penting kami, warga winong, bahagia. Begitulah, sob. Dan anak itu menjadi korban pembakaran oleh sinar matahari dan sialnya dia yang paling mencolok di anatar anak lainnya. Jadilah dia guru kunci kami yang juga terbakar.

Nama anak itu amat fantastis, bombastis, dan romantis. Bambang, begitulah namanya. Apalah arti sebuah nama, Shakespeare boleh bicara gitu. Yah, presiden kita ada nama ”Bambang”nya, pemain bola ternama, ada yang namanya ”Bambang”, menteri pendidikan pun namanya pak ”Bambang”. Memang nama ”Bambang” disematkan bagi orang2 yang luar bisa. Bambang winong ini, yang kini juga telah menjadi temanku (semua temen ade gw adalah temen gw juga), enggak kalah hebat, sob. Dia terkenal di seantero winong. Biasanya, tiap anak cewek seumuran dia, paling ma’nyoss dah kalo dah dibiang ”ceweknya Bambang”. Ma’nyos karena sedih, sob. Sayang sekali, tapi begitulah. Bisa jadi 10 atau 20 tahun ke depan Bambang tumbuh menjadi anak yang guanteng dan sukses, amin.

Terus, sob, pas sampe ke nama Bambang, gw tanyakanlah pada sobat2 cilik gw siapa nama panjangnya. Satu orang tereak, ”Paling dahsyat, mba Dewi! Namanya Bambang Sejati” kenapa sob? Biasa aja kan? Biasa? Ga lucu, sob. Tapi, waktu itu semua ngakak, ngakak ga karuan. Padahal ga ada lucu2nya, tapi kocak aja denger kata bambang sejati. Arti namanya kalau disebut dalam bahasa sehari2 beginilah kedengarannya, ”gw tuh Bambang banget gitu loh.” ya, iyalah. Bambang sejati. Indah niannn namamu. Apalagi pas pada nyanyi lagu buat bambang yang disadur dari lagu sebuah iklan rokok;

Bambang Sejati...

Berjuang dengan hati...

Kau Bambang sejati....

Ya ampun, sob, kocak banget dah kalo denger pas waktu itu. Ga karuan gw rasanya. Sampai akhirnya gw inget akan ”cewek nyentrik” yang tadi gw ceritakan di atas. Biasanya abis ketawa di teras dan anak2 dh selesai ketawa ngakak setelah cewek itu lewat dan menjauh, gw keluar untuk menutup main tuduh2an mereka atas predikat pacar cewek itu. Yang pasti keluar dari mulut gw, ”Jah, Bambang. Jangan munafik. Suka, kan, lo ama dia. Udah, itu pacarnya Bambang aja.” semua pun pada setuju dan Bambang tak berkutik, cape ketawa dan pelampiasan dah jadi hal yang lumrah baginya. Kasihan kau bambang.

Setelah gw inget cewek itu, gw langsung nanya ke anak2, ”Mana ceweknya Bambang? Abang siomay enggak lewat enggak apa-apa, yang penting ceweknya Bambang lewat!” semua ngakak, ya ampun sob, biasa aja sih mungkin kalo lo pada ngebayangin moment sore tadi, tapi kalo lo tau paras antiknya cewek nyentrik kampun kami itu, ampun deh, ga nahaaaannn. Astagfirullahalazim.

Abis pada ngakak, satu anak ngomong, ”dia abis keluar penjara tau, mba.”

Gw ngelongo, habis kata2.

Satu anak menambahkan, ”iya, narkoba kan ya?”

Gw makin cengo.

Tiba2, gw ngerasa gelap, bener2 gw ngerasa terhenyak ke dalam sumur 1 km, 1 km sob! Gw galau, gw bimbang, gw takut, gw perih, gw pedih, gw sedih.

Cewek itu sebenarnya sebaya ama gw.

Gw kira dia cuma tipikal cewek udik olahan ciledug dan berbusana minim hanya untuk menggoda cowok2 udik sepanjang kampung.

Cewek lugu yang hanya bisa mencontoh artis2 cantik berpakaian minim tanpa mempertimbangkan cocokkah dia dengan gayanya itu.

Cewek yang saking lugunya makanya ga ada pertimbangan itu.

Tapi, sob, dia ternyata lebih dari itu.

Dia cewek olahan kerasnya bangsa kita, sob, bangsa yang mencoba menggenggam erat janji akan jati diri yang tertuang dalam pancasila dan pembukaan UUD 45.

Bangsa yang dengan ketat mengatur kehidupannya dengan konstutisional yang bagi gw amat perfect.

Tapi ternyata aplikasinya amat longgar hanya karena satu hal yang kadang dianggap sepele oleh sebagian orang, tapi amat berharga bagi orang lainnya, yaitu duit.

Karena duit, rela2nya para oknum bangsa menjatuhkan nama bangsanya.

Narkoba, barang haram yang mahal itu diperjualbelikan di bangsa kita padahal UU melarang keras

Bukan cuma UU Indonesia, negara2 sebumi juga pada nolak tuh barang.

Tapi pengemban amanat juga kendor dalam aplikasinya, karena duit pula lah mereka merelakan bangsanya jatuh mentalnya dengan mengizinkan masuknya barang itu.

Dan hingga akhirnya, setelah menapaki ribuan kerikil, barang itu berkenalan juga dengan cewek nyentrik kampungku, sob.

Cewek nyentrik itu tersangkut pada derasnya arus bangsa, terhempas batu-batu bangsa, dan ditelentarkan di sebuah gua yang mengekangnya.

Penjara tepatnya, dia pernah dipenjara!

Gw bangkit dari lamunan, kembali melihat mentari sore

Lalu gw masuk ke rumah, lemas.

Gw ngelamun lagi,kembali uring2an.

Tapi pas abang siomay lewat gw sadar lagi, manggil abang itu, mesen siomay, bayar, naroh siomay di meja makan, trus duduk lagi nunggu bedug.

Dasar siomay, bikin suasana melankolis jadi statis aja...

Kembali ke bangku, gw merenung lagi

Bangsa kita memiliki rakyat sejuta wajah.

Mereka yang dianggap preman nyatanya ramah2.

Dan mereka yang tampak lugu, innocent, nyatanya amat preman.

Gw merasa bersalah telah menertawakan cewek nyentrik itu akhir2 ini.

Gw enggak tahu kalo dia enggak selugu yang gw kira.

Dia menjalani kehidupan yang lebih keras dari gw.

Dia bersahabat dengan narkoba pada masa lalunya, di usia mudanya.

Gw telah salah menilai anak itu, gw kira dia lugu.

Ternyata gw yang amat lugu dari peradaban sekarang.

Dia yang rumahnya pastinya ga jauh dari rumah gw, ternyata.. oh, ternyata....

Berarti lingkungan rumah gw enggak aman.

Gw membayangkan wajah anak2 polos di depan rumah plus wajah ade gw.

Gmn kalo suatu saat mereka di bawa jeram pergaulan bangsa, ditelentarkan dalam timbunan narkoba.. nauzubillahminzalik.

Gw takut mereka bersahabat dengan barang haram itu.

Gw takut bangsa gw larut dalam kebodohan hakiki; nyata,dekat, mengancam, tapi tak dapat terelakkan.

Gw mau menangis sejadi2nya..

Padahal hampir seminggu yang lalu, salah seorang temen gw cerita tentang bebasnya pergaulan remaja sekarang.

Pemuda pemudi di sekitranya lebih dari 50% terjerat dalam pergolakan zaman yang nakal. (Amrina tau tentang ini, karena gw dan dia denger langsung dari nara sumber itu)

Ekspresi cinta mereka bener2 di luar dugaan.

Gw bener2 lugu menilai zaman yang tampak lugu.

Padahal zaman telah menjadi preman.

Ya Allah, seberapa kuat hamba bertahan?

Sudahkah hamba memenuhi kriteria pewaris surgaMu?

Hamba tak mau mereka yang tampak lugu tapi nyatanya preman itu, terbakar dalam bara apiMu.

Ya Allah, hamba tersayat sekarang

Hamba tak mau kehilangan arah

Hamba berharap, bangsa ini kuat

Hamba berharap, bangsa ini jauh dari kemungkaran

Hamba takut jika Engkau beri cobaan kepada bangsa hamba karena kemaksiatan yang dilakukan bangsa hamba

Padahal, Ya Allah, banyak dari kami yang tidak berdosa, tapi bisa saja turut terlimpah cobaan

Ya Allah, telah beribu kali kau uji bangsa ini, tapi kenapa bebal merayapi otak kami?

Telah berjuta kali kau beri kami peringatan, tapi kenapa hanya batu yang bersangkar di hati kami?

Ya Allah, sadarkanlah kami,

Tapi janganlah dengan cara yang menyedihkan, ya Allah...

Kami takut azabMu

Tapi kami pun senang kenikmatan duniawi semata

Ya Allah, apa yang harus hamba lakukan demi bangsa ini?

Ya Allah, berapa jengkal lagikah dapat hamba langkahkan kaki ini, sebelum kiamat menggerayapi dunia ini?

Ya Allah, ampunilah kami

Ya Allah, ampunilah kami

Ya Allah, ampunilah kami

Tuhan
Tempat aku berteduh
Dimana aku mengeluh
Dengan segala peluh

Tuhan
Tuhan Yang Maha Esa
Dimana aku memuja
Dengan segala do'a

Aku jauh, engkau jauh
Aku dekat, engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dosa berpadu

Tuhan
Tempat aku berteduh
Dimana aku mengeluh
Dengan segala peluh

By: Bimbo

Ya Allah, panjang baget ya, gw nulis? Tapi, sob, gw emang begini, nih, kalo liburan. Ga ada kerjaan ya, penuh folder gw dengan tulisan2 gw. Tapi komputer gw lagi rusak, sob, hard disk nya terancam fatal. Dokumen gw pun terancam hilang. Gw pake lah lap top kakak gw buat ngeblog.

Sob, kalo lo bosen, gw minta maaf ya. Apalagi kalo gw ngebuang waktu lo pada. Padahal ada yang kesehariannya males banget membaca, katanya, he3, gw bener2 minta maaf. Perlukah gw bikin blog pribadi? Klo kalian tak berkenan gw nulis di sini, gw rela kok membuka blog pribadi. Utarakan saja ya sob. Gw mah nyantai aj, coz emang dah hobi gw yang mendarah daging dari dalem tulang berkutik dengan tulisan fiksi dan fakta. Ya sudah, sob, thx atas perhatian kalian. Jgn lupa ceritakan tentang kalian juga, ya. Thx a lot.

Oh iya yang punya surprise itu gw...

DWI

7 komentar:

  1. gw bosen bacanya...!wakakak..

    gw saranin dah dwi, lain kali kalo lu mau cerita sepanjang itu mending elu ceritain langung aja ke kita pas ketemu,wakakak!gw yang gemar membaca aja bosen bacanya(bohong) apalagi si mpuba?wakakak...

    ps: buat mpuba, gw pikir gw cukup kenal lo, tapi jika salah mohon di maafkan...,bukankah kita teman? Oca?!!

    -sakinah-

    BalasHapus
  2. ah ada yang ketinggalan..., gw boong ko dwi, gw ga bosen bacanya, jadi lain kali kalo mau nulis cerita sepanjang itu, cerita ja, ga perlu bikin blog pribadi...
    seperti yotsuba "always enjoy everything", jadi cerita kaya gitu ga bakal bikin bosen..iya ga am,win dan mpuba?

    -sakinah-

    BalasHapus
  3. OCA SAKINAH!

    EH, LU DAH BACA SMUANYA KIN?

    ..mpuba..

    BalasHapus
  4. hahahaha..
    kinah.. kinahh..
    padahal gw udah sukses membangun jiwa melankolis di akhir cerita. tapi begitu baca komen lu, ngakak gueee..

    @dwi
    seru kok wii.. kurang panjang aja.

    -wnd-

    BalasHapus
  5. HADIAH BUAT LO SMUA YANG ENGGAK DENGER CERITA GW BUAT SEKIAN LAMA...
    HAHAHAHAHAHA, MA'NYOS
    1

    BalasHapus
  6. jiaakakakkaka...
    shane kau lucu sekali!!!
    shane ngomong2 kita kapan bikin hadiah buat mutia tercinta???

    BalasHapus
  7. kereeeeeeeen. bahasa lo bagus deh dwi

    BalasHapus