Senin, 08 Juni 2009

Budaya Jawa

Dear Friends,

gue punya cerita lagi nihh..
ceritanya pas gue di malang kan ada acara pernikahan sepupu gue.
terus salah satunya itu ada acara midodareni ( ga tau artinya di bahasa indonesia )
nahh, di acara itu, ada kegiatan yang disebut rebutan tumpeng perawan. tumpeng perawan itu ya nasi kuning, ada ayamnya, sama sayur-sayuran gitu. dinamain tumpeng perawan karna yang makan tuh cuma para perawan aja.. gitu. trus, di dalem nasi tumpengnya itu ada cincinnya.

nyak gue nyuruh gue ikutan tuh acara. gue sih ga ngerti apa maksudnya yaa.. tapi yasudahlah, gue ikutan aja. itung-itung meramaikan suasana.dan yang ikutan tuh banyak cewe-cewe yang bersemangat skali.. gue sih seperti kata salah seorang bocah, "SELOW".
pas udah dimulai tuh acara (di itung, 1-5), para cwe itu mulai mengobrak abrik tuh nasi kuning. formalitas, gue ikut ambil doongg..
pas nyendok, di sendok gue ada cincinnya. untung ga kemakan tuhh..
waaaahhh campur aduk deh rasanya.. perasaan seneng karna dapet cincin lucu.. (emas gitu..)
sama perasaan bersalah karna cewe2 itu ga dapeett..


ternyaataaa..
setelah kutanya sana sini..
katanya yang dapet itu cincin, bisa nikah cepet..
gue sih ga percaya yaa..
tapi sebagian besar tante dan oom gw ketawa2 gitu.. dan ada yang bilang,
"dulu, eyang kamu nikahnya umur 19 tahun.. umurmu berapa??"
Jiaaaahhhhh...
lemes banget gue dengernya..
trus gue nanya kan sama ibu2,
"bu, ini cincinnya dikasi ke orang lain aja kali ya??"
ibu itu bilang
"jangan. simpen saja dulu. nanti kalo dikasikan ke orang takut jodohnya di ambil orang. nanti kalo kira2 sudah ketemu siapa orangnya, cincinnya baru dipake.."


yaaahhh. begitulah..
pertanyaannya..
adakah hubungan cincin dibalik tumpeng dengan pernikahan??
klo emang iya, nanti pas ketemu robert pattinson, gue pake ahhh....




windskii

2 komentar:

  1. idih mega ngiri kan lo? dia berharap lo kasih cincin itu ke dia ndut, dasar mega. jangan zalimi temanmu! (kebalik ya?)
    by : dwi

    BalasHapus